lirik lagu

Sunday, April 1, 2007

My Trip: Klaten, 24 September 2005




Ruwahan


Untuk menyambut bulan Ramadhan, ada suatu tradisi yang biasa dilakukan oleh orang – orang yang berdarah jawa yaitu ruwahan .

Ruwahan merupakan suatu tradisi dimana semua orang berziarah ke makam keluarga dan berdoa bersama di sekitar makam.


Tgl 23 September 2005 bis yang membawa aku dan beserta rombongan orang-orang asli Klaten yang tinggal di Bandung telah tiba di Klaten. Keesokan harinya sekitar jam 09.00 kami pergi ke makam untuk berziarah, di sana ternyata telah banyak orang yang telah berkumpul. Setiap keluarga membawa berbagai macam makanan yang terdiri dari 1 ekor ayam, bermacam-macam lauk-pauk serta buah-buahan.


Setelah semua orang duduk bersama, ada petugas yang mengambil ayam dari setiap keluarga untuk dikumpulkan lalu dipotong-potong setelah itu dibagikan secara merata ke setiap orang. Sebelum kami menyantap berbagai hidangan yang ada , kami melakukan doa bersama.


Setelah selesai berdoa tibalah kami mencicipi hidangan, kami pun makan bersama secara lesehan (tanpa kursi) . Suasana saat itu penuh dengan kehangatan, rasanya makan bersama kala itu terasa sangat lezat dibandingkan kita makan di rumah masing-masing. Rasa persaudaraan dan kebersamaan yang membuat suasana begitu akrab dan hangat.


Oleh karena itu, marilah kita jaga selalu rasa persaudaraan dan kebersamaan demi terciptanya perdamaian antar sesama umat manusia karena damai itu indah .





No comments: